Lompat ke isi utama

Program Pertanian Kacang Tanah Mekanisasi

Kerjasama BUMDes Desa Pulu Kabupaten Sigi dengan PT. Gunanusa Eramandiri dan PT. Sejahtera Petani Indonesia untuk program Pertanian Kacang Tanah Mekanisasi. Kerjasama ini merupakan inisiasi dari Program Mengelola Risiko melalui Pembangunan Ekonomi (MRED) Mercy Corps Indonesia.
.
Mercy Corps Indonesia telah melakukan serangkaian kegiatan untuk memperkuat BUMDES di 10 Desa intervensi di Kecamatan Dolo Selatan, meliputi Desa Sambo, Desa Balongga, Desa Poi, Desa Pulu, Desa Walatanan, Desa Bangga, dan di Kecamatan Kulawi, meliputi Desa Salua, Desa Namo, Desa Mataue, dan Desa Toro.
.
Kegiatan yang dilakukan antara lain pelatihan pengelolaan dan pengembangan BUMDes, pendampingan untuk perbaikan struktur organisasi dan legal dokumen, pendampingan penyusunan business plan, dan pelatihan manajemen keuangan BUMDes.
.
Tujuan dari penguatan dan pendampingan ini adalah untuk mendorong BUMDes di setiap Desa dapat menjadi motor penggerak pembangunan ekonomi di Desa, juga dapat terhubung dengan pasar yang lebih besar.
.
Salah satu pendekatan yang telah dilakukan adalah dengan mengadvokasi ke Pemerintah Desa untuk dapat mengalokasikan dana desa sebagai penyertaan modal untuk BUMDes dan menghubungkan BUMDes dengan Private Sector untuk pengembangan pasar dari komoditi pertanian.
.
Kerjasama antara BUMDes Desa Pulu dan PT. Gunanusa Eramandiri ini adalah langkah awal dalam pengembangan ekonomi pada sektor pertanian, dimana BUMDes akan mengorganisir petani sekaligus menjadi offtaker didalam desa yang akan melakukan transaksi ke PT. Gunanusa Eramandiri sebagai offtaker nasional.
.
Untuk memastikan kualitas dan mekanisme pengelolaan tanaman, BUMDes dan petani akan dilatih dan dampingi oleh PT. Sejahtera Petani Indonesia sehingga dapat memenuhi standar kelayakan hasil/produk tanaman dari para offaker dan dapat bersaing di pasar.

Tautan : ditjenpdt
.
#KemendesaPDTT #DitjenPDT #BUMDes #KebangkitanEkonomiDesa #MulaiDariDesa #MembangunDaerahTertinggal #NoOneLeftBehind