Lompat ke isi utama

Launching Website Pertanian Sigi (distanhorbun.sigikab.go.id) - Didukung oleh MRED Indonesia

Launching Website Pertanian ini dilaksanakan pada tanggal 3 Februari 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan informasi kepada masyarakat tentang berbagai kegiatan pertanian di Kabupaten Sigi, khususnya dalam hal:

  1. Data dan Informasi luas lahan produktif untuk perkebunan dan hortikultura
  2. Informasi Harga Komoditas yang akan diupdate setiap minggunya, informasi ini ditampilkan dalam bentuk tabel data pada Website Pertanian dan juga melalui SMS Gateway yang dikirimkan ke nomor handphone masyarakat/petani dan stakeholders lainnya.
  3. Informasi Harga Sarana Produksi Pertanian (Saprotan), seperti harga benih, pupuk bersubsidi/non subsidi, pestisida, dan alat penunjang pertanian.
  4. Data dan Informasi Penyuluh Lapangan (PPL) di masing-masing Desa dan Kecamatan, bertujuan untuk memudahkan petani mendapatkan penyuluhan dan dukungan teknis dari petugas.
  5. Data dan Informasi kelompok penerima bantuan pertanian seperti benih, pupuk, mesin pertanian (ALSINTAN), dll.
  6. Memberikan ruang kepada masyarakat/petani dalam hal masukan dan saran yang dibutuhkan terkait kegiatan pertanian di masing-masing desa.
  7. Informasi dan berita kegiatan pertanian di Sigi.

Selain dihadiri oleh perwakilan masyarakat dan pemangku kepentingan, peluncuran ini juga didukung oleh keterlibatan aktif Wakil Bupati Sigi, Kepala Dinas Pertanian, dan perwakilan dari instansi lain. Wakil Bupati Sigi (Samuel Yansen) sangat mengapresiasi peluncuran website pertanian ini karena melalui website ini banyak masyarakat yang akan mendapatkan informasi yang sesuai dengan kebutuhannya, terutama untuk kegiatan pertanian. Selain masyarakat Sigi, masyarakat di luar Sigi atau Sulawesi Tengah juga dapat mengakses data dan informasi yang tersedia di website, dan hal ini tentunya akan membuka peluang investasi yang lebih besar, terutama untuk mendukung pembangunan pertanian Pemerintah Sigi.

Acara peluncurannya juga dipublikasikan di sini http://celebespos.com/2022/02/03/melalui-aplikasi-berbasis-website-pertanian-diharapkan-dapat-sejahterakan-petani-di-sigi/

#Pertanian #Sigi #SulawesiTengah