Lompat ke isi utama

Tantangan Digitalisasi UMKM untuk Tumbuh Berkelanjutan

JAKARTA, investor.id - Pada Hari UMKM Nasional 2023, pemerintah menetapkan tema "Transformasi UMKM di Masa Depan“. Secara tidak langsung, kita diingatkan kembali dengan target pemerintah untuk memasukkan 30 juta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ke dalam ekosistem digital sampai dengan akhir tahun 2024.

Berdasarkan data Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, sudah 22 juta UMKM masuk ke ekosistem digital per Juni 2023. Artinya, masih kurang delapan juta dari target akhir. Sementara Kementerian Informasi dan Komunikasi pada akhir Tahun 2022 mempublikasikan Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) di mana dari empat pilar yang menjadi landasan pengukuran IMDI, pilar pemberdayaan yang menunjukkan literasi dan kapasitas masyarakat (khususnya UMKM) dalam memanfaatkan teknologi digital dalam aspek ekonomi mendapatkan skor terendah (22,06 dari 100).

Karena minimnya literasi, UMKM dapat terekspos pada banyak resiko di dunia digital, misalnya pembobolan data, phising, dan resiko ancaman siber lainnya.  Kondisi ini menunjukkan masih banyak tantangan digitalisasi UMKM untuk mendukung UMKM mengembangkan bisnisnya, taraf hidup keluarganya, dan pada akhirnya naik kelas.

Link selengkapnya : https://investor.id/investory/337902/tantangan-digitalisasi-umkm-untuk-tumbuh-berkelanjutan