Lompat ke isi utama

DLH Sigi Finalisasikan Pelaksanaan Jambore Penanaman 1000 Bambu

Sigi, InfoPublik - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sigi bekerjasama dengan Mercy Corps Indonesia menggelar rapat finalisasi dalam persiapan Jambore Penanaman 1.000 Bambu. Acara ini diselenggarakan di Aula Kantor Bupati Sigi, Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo pada Jumat, 13 Oktober 2023.

Jambore Penanaman 1.000 Bambu, yang akan berlangsung pada tanggal 18 Oktober mendatang di Desa Poi, Kecamatan Dolo Selatan, bukan hanya sekadar kegiatan penanaman, tetapi juga merupakan upaya memperingati Bulan Pengurangan Resiko Bencana yang diselaraskan melalui Program Sigi Hijau.

Sebagai bagian dari persiapan, 400 bibit bambu akan ditanam terlebih dahulu pada esok hari di Shelter 1, yakni pegunungan bekas longsor tahun 2018 yang terletak di hulu Sabo Dam. Lokasi ini terletak sekitar 1,4 kilometer dari Desa Poi dan memiliki akses jalan yang cukup ekstrem. Oleh karena itu, penanaman bibit bambu akan melibatkan para relawan dan pecinta alam.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, Nuim Hayat, dalam kesempatan ini, menyampaikan pentingnya memperkuat segala lini, terutama di tingkat desa, untuk menjaga lingkungan dan meminimalisir terjadinya bencana alam seperti banjir. Beliau juga menyoroti kejadian di Desa Sambo, yang beberapa waktu lalu dilanda banjir, meskipun berada di tengah musim kemarau.

"Mohon DLH dan Mercy Corps, libatkan semua stakeholder untuk mensupport kegiatan ini," tutupnya.

Jambore Penanaman 1.000 Bambu menjadi langkah konkret dalam menjaga lingkungan dan meminimalisir dampak bencana alam, serta mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya ini. Kegiatan ini adalah bukti kolaborasi yang kuat antara instansi pemerintah dan organisasi non-pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana. (MC Kabupaten Sigi)

Link : https://www.infopublik.id/kategori/nusantara/786854/dlh-sigi-finalisasi…