Lompat ke isi utama

Program SEED 4 Women: Buku Cerita Perubahan Perempuan Pengusaha Kecil 2023

Malang, 17 Juli 2023 – Mercy Corps Indonesia bersama Citi Foundation telah melaksanakan Program SEED 4 Women (Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Pengusaha Kecil Melalui Inisiatif Inklusi Keuangan Digital) dalam periode Desember 2021 – Juni 2023 di Kabupaten Malang dan Kota Malang. Tujuan program Program SEED 4 Women adalah untuk mendorong pemberdayaan ekonomi usaha kecil yang dipimpin perempuan melalui inklusi keuangan dan kewirausahaan serta pada akhir program diharapkan dapat menciptakan peningkatan kesempatan kerja sebanyak 10% dan meningkatkan keuntungan usaha perempuan pengusaha kecil sebesar 15%. Program SEED 4 Women telah memberikan pelatihan dan pendampingan kepada 854 perempuan pengusaha kecil (20% diantaranya anak muda perempuan) hingga Juni 2023. 

Berdasarkan hasil pengukuran endline yang dilakukan pada Mei 2023, terdapat berbagai peningkatan yang dirasakan perempuan pengusaha kecil, antara lain: penerapan pengetahuan dan keterampilan mengelola keuangan, perbaikan manajemen usaha, peningkatan akses terhadap produk lembaga keuangan digital terutama melalui jaringan agen, serta akses mereka terhadap jejaring dan pasar yang lebih luas melalui digital marketing.

Program SEED 4 Women: “Cerita Perubahan Perempuan Pengusaha Kecil 2023”

Saat ini, perempuan telah membuktikan keberanian dan ketekunan mereka dalam dunia bisnis, menjadi pionir dan penggerak ekonomi yang tangguh. Di tengah semangat ini, Program SEED 4 Women dengan bangga mengumumkan perilisan buku terbaru yang mengisahkan kisah-kisah inspiratif perempuan pengusaha kecil yang telah menaklukkan tantangan dan menciptakan perubahan yang menginspirasi.

Buku ini adalah kumpulan cerita pengusaha Perempuan peserta Program SEED 4 Women dari berbagai latar belakang dan sektor usaha, yang telah berhasil menghadapi dan mengatasi berbagai rintangan dalam perjalanan mereka menuju kesuksesan. Buku ini menggambarkan perjalanan mengesankan para perempuan pengusaha kecil yang memberikan inspirasi bagi pembaca untuk bermimpi lebih besar dan mewujudkan impian mereka sendiri.

Buku Cerita Perubahan Perempuan Pengusaha Kecil 2023 juga memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana perempuan dengan berbagai latar belakang sosial, ekonomi, dan budaya mampu mempengaruhi dan menciptakan perubahan positif di komunitas mereka. Hal ini diharapkan dapat menginspirasi perempuan lainnya untuk mencapai kesetaraan dan kesuksesan dalam dunia bisnis.

Buku dalam format digital ini dapat diakses melalui website Mercy Corps Indonesia (link: https://www.mercycorps.or.id/dokumen/program-seed-4-women-cerita-perubahan-perempuan-pengusaha-kecil-2023). Untuk informasi terkini dapat diakses melalui https://instagram.com/mercycorpsindonesia/