Lompat ke isi utama

Mercy Corps Indonesia bantu Pemda Sigi cegah COVID-19

Palu (ANTARA) - Mercy Corps Indonesia sebagai lembaga kemanusiaan membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di wilayah setempat.

"Bantuan yang diberikan berupa 25 unit hand washing station, 800 buah masker, 1600 strip Vitamin C, 10 media sosialisasi berupa baliho pencegahan penyebaran COVID-19," kata Nurdianto, Deputy Program Manager Mercy Corps Indonesia, di Palu, Rabu.

Kemudian katanya, bantuan penguatan koordinasi antarlembaga yang ikut membantu pencegahan COVID-19, khususnya untuk air bersih, sanitasi dan promosi kebersihan.

Bantuan tersebut diberikan kepada masyarakat yang rentan terhadap COVID-19 terutama yang masih tinggal di Huntara di 10 desa.

"Yang menerima bantuan adalah Desa Mpanau, Desa Lolu, Desa Jono Oge, Desa Sidera, Desa Bora, Desa Kalawara, Desa Kaleke, Desa Padende, Desa Binangga dan Desa Pandere," jelasnya.

Ia mengatakan bantuan tersebut diserahkan Selasa, (5/5/2020), secara simbolis kepada Pemerintah Kabupaten Sigi, dihadiri langsung oleh Bupati Sigi, Mohammad Irawan, dan gugus tugas penanganan COVID-19 di Kabupaten Sigi.

"Dalam kesempatan ini Bupati menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas bantuan yang diberikan oleh Mercy Corps Indonesia," katanya.

Ia mengatakan Bupati berharap dalam penanganan pandemi COVID-19 semua unsur terkait harus bekerja sama secara dinamis dan terarah dengan keterlibatan unsur organisasi kemanusiaan seperti Mercy Corps Indonesia.

Dijelaskannya, Mercy Corps Indonesia ada di Sulawesi Tengah sejak tahap tanggap darurat hingga tahap pemulihan bencana alam gempa, tsunami dan likuefaksi yang terjadi pada bulan September 2018 lalu.

Disebutnya bantuan yang diberikan oleh Mercy Corps Indonesia, berupa program air bersih, sanitasi dan promosi kebersihan, akses air untuk pertanian, membantu pemulihan ekonomi pertanian, dan saat ini adalah bantuan untuk pencegahan penyebaran COVID-19.

"Dalam merespon pandemi COVID-19 yang telah menyebar secara global termasuk ke Provinsi Sulawesi Tengah, Mercy Corps Indonesia melakukan serangkaian kegiatan untuk mendukung pemerintah dalam penanganan pandemi ini," ujarnya.

Ia mengatakan pada level daerah, Mercy Corps Indonesia melakukan usaha meminimalisir memutus rantai transimisi lokal pada masyarakat terdampak di Kabupaten Sigi, melalui bantuan yang diberikan.

Dia tegaskan, Mercy Corps Indonesia akan terus membantu masyarakat di Kabupaten Sigi, baik dalam pemulihan dampak gempa, tsunami dan likuefaksi maupun pencegahan COVID-19.

"Semoga bantuan ini dapat menjadi sarana yang akan digunakan oleh masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan bebas dari COVID-19," katanya.

Pewarta : Rangga Musabar/Sulapto Sali
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber : https://sulteng.antaranews.com/berita/119409/mercy-corps-indonesia-bantu-pemda-sigi-cegah-covid-19