Lompat ke isi utama

Kemenkop UKM Dukung Pendampingan ke Pelaku UMKM Perempuan di Malang

MALANG, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) memberikan dukungan terhadap kegiatan pendampingan kepada 750 pengusaha kecil yang dijalankan oleh perempuan di Kota dan Kabupaten Malang.

Program itu bernama SEED 4 Women yang diinisiasi oleh kerjasama antara Mercy Corps Indonesia dengan menggandeng Citi Indonesia dan Kemenkop UKM. Tujuannya, untuk mendorong pemberdayaan ekonomi usaha kecil yang dipimpin perempuan melalui inklusi keuangan. Kegiatan itu diluncurkan pada Selasa (28/6/2022) di Hotel Santika Premiere Malang, Kota Malang, Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan inklusi keuangan perempuan harus mendapatkan perhatian khusus.

Berdasarkan data dari Bank Indonesia pada tahun 2018 ada sekitar 49 persen perempuan di Indonesia menggunakan jasa keuangan informal seperti rentenir, kerabat dan organisasi lain. Padahal, jasa keuangan informal tidak diatur oleh Bank Indonesia atau OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Menyikapi kondisi tersebut, menurutnya dibutuhkan adanya akselerasi usaha yang dijalankan oleh perempuan melalui digital mentoring soal keuangan.

"Kolaborasi pemangku kepentingan antara swasta, komunitas untuk membangun ekosistem kewirausahaan diperlukan untuk meningkatkan mutu UMKM, kita ingin ekosistem UMKM tumbuh dan berkembang," kata Teten saat memberikan sambutan secara daring.

Dia optimistis, dengan program SEED 4 Women maka UMKM perempuan dapat tangguh, ulet sehingga tahan banting dalam menghadapi berbagai kondisi yang ada. Nantinya dari ratusan pengusaha kecil, sebanyak 20 persen merupakan usaha yang dijalankan oleh wanita muda berumur dibawah 30 tahun.
 

Link selengkapnya : https://umkm.kompas.com/read/2022/06/29/160000483/kemenkop-ukm-dukung-pendampingan-ke-pelaku-umkm-perempuan-di-malang