Lompat ke isi utama

Jurus Mastercard Bantu Dorong Inklusi Keuangan untuk UMKM di Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Inklusi keuangan masih menjadi tantangan besar bagi Indonesia, terutama dari sisi keterlibatan para pelaku UMKM menjadi bagian dari ekosistem keuangan digital. Mastercard sebagai salah satu raksasa teknologi global di industri pembayaran pun mengaku tergerak, dan berupaya mempertajam komitmen untuk ikut berperan mendorong inklusi keuangan di Indonesia, khususnya terkait UMKM. 

Navin Jain, President Director, PT Mastercard Indonesia, menjelaskan komitmen ini sejalan dengan potensi pasar digital Tanah Air yang diproyeksi akan mencapai Rp1.700 triliun pada 2025, sehingga pemerintah Indonesia pun menargetkan 30 juta UMKM masuk ke dalam ekosistem digital pada 2024 sebagai bagian dari kampanye Pemulihan Ekonomi Nasional.

"Indonesia memiliki 64 juta UMKM yang menyumbang 61 persen dari produk domestik bruto [PDB] Indonesia. Namun, hanya 19 juta UMKM yang terlibat dalam ekosistem digital, dan 18 juta lainnya masih membutuhkan akses pembiayaan formal," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (13/6/2023).

Link :  https://finansial.bisnis.com/read/20230616/90/1666157/jurus-mastercard-bantu-dorong-inklusi-keuangan-untuk-umkm-di-indonesia