Lompat ke isi utama
Batas Waktu
Lokasi

Penyusunan Panduan Dispatch Contact Center 117 BNPB

Latar Belakang

Program INVEST DM 2.0 (Investing in Human Capital for Disaster Management) adalah program kerjasama antara Pemerintah Amerika Serikat melalui United States Agency for International Development (USAID) dan Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Program ini difokuskan pada tingkat nasional, dengan banyak intervensi diharapkan akan diserap oleh daerah. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas penanggulangan bencana nasional melalui reformasi birokrasi, pendidikan, pelatihan, serta peningkatan sistem dan strategi di BNPB. Inisiatif-inisiatif ini diharapkan akan berkontribusi pada penguatan institusi Penanggulangan Bencana (PB) daerah dan aparatur di tingkat penentu kebijakan yang akan lebih siap dan mampu memenuhi mandat mereka untuk memberikan layanan PB yang efektif dan menyelamatkan nyawa.

Pusat komunikasi dan informasi bagi masyarakat dalam urusan penanggulangan bencana adalah layanan yang sangat penting. Badan Nasional Penanggulangan Bencana sejak tahun 2020 telah menyediakan pusat layanan komunikasi dan informasi penanggulangan bencana melalui nomor telepon darurat 117 secara gratis. Operasional Contact Center 117 berada di bawah Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB, dan kedepannya akan beroperasi juga di Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk menerima laporan, pengaduan, dan informasi yang berhubungan dengan kebencanaan dari masyarakat. 

Salah satu fungsi penting dalam Contact Center 117 adalah sebagai Dispatcher. Para agen atau operator Contact Center 117 harus mampu menjalankan fungsi Dispatcher, yaitu untuk menerima panggilan atau pesan dari masyarakat yang membutuhkan informasi ataupun bantuan darurat, dan kemudian mengoordinasikan respons yang sesuai dengan lembaga atau instansi terkait. Oleh karena itu, tersedianya panduan pelaksanaan fungsi Dispatcher menjadi salah satu faktor kunci dalam efektivitas kinerja Contact Center 117.

Program INVEST DM 2.0 akan membantu Pusdalops BNPB dengan memobilisasi tenaga ahli individu ataupun kelompok sebagai konsultan untuk menyusun panduan dispatch bagi operator Contact Center 117. 

Lebih Detailnya silahkan download attachment dibawah