Peningkatan Kapasitas Personel Pusdalops BNPB untuk Penyelenggaraan Bimbingan Teknis Dalam Jaringan
Background
Program INVEST DM 2.0 (Investing in Human Capital for Disaster Management) adalah program kerjasama antara Pemerintah Amerika Serikat melalui the United States Agency for International Development (USAID) dan Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Program ini bekerja di tingkat nasional, dengan banyak intervensi diharapkan akan diserap oleh daerah. Program ini secara langsung mendukung BNPB dalam membangun kemampuan sumber daya manusianya melalui penguatan reformasi birokrasi dan peningkatan kapasitas, serta kapasitas penanggulangan bencana (PB). Ini dilakukan melalui inisiatif konkret berupa pendidikan dan pelatihan serta pengembangan sistem dan strategi penanggulangan bencana yang lebih efektif. Inisiatif-inisiatif ini diharapkan akan berkontribusi pada penguatan institusi PB di daerah dan personel yang lebih siap menjalankan mandat mereka untuk memberikan layanan PB yang efektif dan menyelamatkan nyawa.
Untuk mendukung peningkatan kualitas layanan pengendalian operasi di tingkat nasional dan daerah, Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB sejak tahun 2021 telah mengembangkan layanan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diselenggarakan Dalam Jaringan (Daring/online). Terdapat tiga subjek Bimtek daring yang telah dikembangkan oleh Pusdalops BNPB bersama INVEST DM 2.0, yaitu:
- Bimtek Online Dasar-Dasar Pusdalops PB
- Bimtek Online Manajemen Data dan informasi dalam Pengendalian Operasi
- Bimtek Online Penyusunan Rencana Operasi Penanganan Darurat Bencana
Layanan Bimtek Daring ini diselenggarakan melalui perangkat pembelajaran daring eTangguh (elearning.bnpb.go.id) yang dikelola oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana BNPB. Ketiga subjek Bimtek tersebut telah terpasang di dalam platform eTangguh beserta kelengkapannya termasuk silabus, bahan tayang (materi presentasi, audio dan video), hingga bahan manajemen Bimtek (bank soal, pre & post test, kuis dan penugasan, serta panduan Bimtek). Ketiga subjek Bimtek ini juga telah diselenggarakan 1-2 kali diikuti oleh personel BNPB dan BPBD di seluruh Indonesia, dan evaluasi untuk setiap penyelenggaraan juga telah dilakukan. Beberapa poin evaluasi dari penyelenggaraan ketiga Bimtek tersebut antara lain:
- Perlu peningkatan kapasitas personel BNPB, khususnya Pusdalops, yang ditugaskan dalam tim penyelenggara Bimtek. Tim penyelenggara Bimtek Daring setidaknya terdiri dari Instruktur, Tim Teknis, dan Tim Administrasi.
- Seiring perkembangan, terdapat materi-materi Bimtek yang perlu diselaraskan dengan kebijakan-kebijakan baru, baik yang telah diformalkan maupun berupa rancangan. Kebijakan baru yang dimaksud termasuk di antaranya Peraturan BNPB nomor 1 tahun 2023, Surat Edaran Kepala BNPB nomor 2 tahun 2023, rancangan Pedoman Pusdalops PB, rancangan Pedoman Penyusunan Rencana Operasi Darurat Bencana, rancangan Petunjuk Pelaksanaan Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana Tingkat Kabupaten/Kota, dan lainnya.
- Penyelenggaraan Bimtek perlu mempertimbangkan metode campuran antara pembelajaran mandiri secara daring dan pembelajaran bersama secara luar jaringan (luring). Pembelajaran bersama secara luring dipertimbangkan sebagai metode yang penting untuk meningkatkan efektifitas Bimtek, yang dapat dilaksanakan melalui sesi praktik, kunjungan belajar, dan lainnya.
Purpose / Project Description:
Program INVEST DM 2.0 akan membantu Pusdalops BNPB dengan memobilisasi sebuah tim tenaga ahli (kumpulan individu ataupun atas nama lembaga) sebagai konsultan untuk menelaah, memperbarui, mengembangkan, dan melatihkan ketiga subjek Bimtek Daring di atas. Konsultan akan bertanggung jawab untuk memfasilitasi diskusi pada keseluruhan proses, melakukan telaah dan pembaruan terhadap seluruh bahan Bimtek, melakukan pengembangan metode pembelajaran yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan secara daring dan luring, serta memberikan pelatihan kepada tim penyelenggara Bimtek. Setelah pelatihan, tim penyelenggara Bimtek diharapkan mampu menyelenggarakan ketiga subjek Bimtek secara daring, menargetkan personel BPBD atau lebih luas. Melalui penugasan ini diharapkan dapat mengambil pembelajaran sebagaimana disampaikan pada poin-poin hasil evaluasi dan memperbaiki kekurangan dari Bimtek sebelumnya.
Kebutuhan-kebutuhan seperti peralatan, perjalanan dan lain-lain yang dibutuhkan sepanjang penugasan ini akan dikelola secara langsung oleh INVEST DM 2.0 dan/atau Pusdalops BNPB, sehingga peran konsultan akan fokus pada sisi substansi dan proses. Konsultan dapat mengajukan kegiatan dan kebutuhan logistik di dalam proposalnya kepada INVEST DM 2.0, ataupun bilamana dibutuhkan di luar perencanaan dalam prosesnya nanti.
Consultant Activities:
Kegiatan yang menjadi tanggung jawab konsultan meliputi, namun tidak terbatas pada:
- Berkoordinasi dan memastikan keterlibatan para pemangku kepentingan, termasuk namun tidak terbatas pada INVEST DM 2.0, Pusdalops BNPB, dan Pusdiklat PB BNPB.
- Menelaah seluruh bahan dari ketiga Bimtek. Konsultan terpilih akan diberikan akses kepada seluruh bahan dan terhadap platform eTangguh.
- Memperbarui dan mengembangkan rancang bangun Bimtek, rencana pembelajaran, bahan ajar, bahan tayang, dan bahan manajemen Bimtek lainnya. Pada kegiatan ini, konsultan perlu berkonsultasi dan mendapatkan persetujuan dari BNPB untuk memastikan seluruh materi telah sesuai dengan kondisi dan kebijakan terkini, serta mengakomodir metode dan teknik pembelajaran daring maupun luring bilamana relevan, untuk mendukung peningkatan kapasitas kognitif dan afektif peserta yang lebih efektif.
- Membantu proses pembentukan dan melatih tim penyelenggara Bimtek. Pada akhir penugasan ini, tim penyelenggara Bimtek harus mampu dan terampil dalam menyiapkan rencana pembelajaran, mengembangkan dan memperbarui bahan ajar dan bahan tayang, mengajar, serta mengelola Bimtek secara daring menggunakan platform eTangguh. Pelatihan kepada tim penyelenggara Bimtek (khususnya kepada para calon Instruktur) perlu diberikan untuk masing-masing subjek Bimtek hingga memiliki pemahaman dan keterampilan terhadap substansi subjek Bimtek yang diampu.
- Memasang dan memastikan ketiga subjek Bimtek siap untuk digunakan di dalam platform eTangguh. Kegiatan ini dapat dilaksanakan dalam bagian pelatihan kepada tim penyelenggara Bimtek, sehingga dapat belajar dan praktik secara langsung terkait pengelolaan Bimtek di dalam platform eTangguh.
- Menyiapkan laporan akhir dari pelaksanaan penugasan ini, yang berisi namun tidak terbatas pada: rencana vs pelaksanaan dan hasil, tantangan, pihak-pihak yang terlibat, masukan untuk perbaikan terhadap pengelolaan tim penyelenggara serta pelaksanaan Bimtek.
Consultant Deliverables:
- Bahan-bahan Bimtek yang telah diperbarui dan dikembangkan untuk ketiga subjek Bimtek daring.
- Ketiga subjek Bimtek dengan konten terbaru telah dipasang di platform eTangguh dan dapat digunakan.
- Laporan akhir.
Seluruh bahan, materi, dan deliverables dibuat menggunakan format INVEST DM, dan diserahkan dalam bentuk digital. Sebuah Executive Summary (max. 2 halaman) dalam Bahasa Inggris dan Indonesia harus disediakan untuk deliverable 3.
Timeframe / Schedule
Periode penugasan di bulan Januari hingga April 2024.
Reporting
Konsultan akan melapor kepada Senior Disaster Risk Management, Systems and Strategy Specialist INVEST DM 2.0.
Required Experience & Skills
- Memiliki keahlian di bidang penanggulangan bencana, khususnya terkait pengendalian operasi darurat bencana, dan manajemen data dan informasi kebencanaan.
- Berpengalaman dalam pengembangan modul untuk pelatihan secara daring dan luring
- Berpengalaman dalam pengelolaan dan penyelenggaraan program pelatihan secara daring dan luring
- Memiliki keahlian dalam penggunaan dan rekayasa platform Open edX
- Berpengalaman dengan LMS Pusdiklat PB BNPB menjadi nilai tambah
How to Apply
Prospective candidates shall email their technical proposal outlining (a) the proposed methodology, work plan, and price offered; (b) CV tenaga ahli yang akan terlibat; (c) portfolio/examples from previous works, to procurement@id.mercycorps.org with subject “Bimtek Pusdalops 2024” before January 21, 2024. Only shortlisted candidates will be contacted.