Lompat ke isi utama
Batas Waktu
Lokasi

Konsultan Upgrade SiAkang

Latar belakang: 

INVEST DM 2.0, suatu program yang didanai oleh USAID dan dilaksanakan oleh Mercy Corps, bekerja sama dengan BNPB untuk mendukung BNPB dalam memperkuat peran, fungsi, dan tanggung jawabnya untuk mengisi kesenjangan di bidang-bidang prioritas. Bidang-bidang dukungan meliputi pembangunan kapasitas teknis dalam persiapan darurat, respons, dan pemulihan; perencanaan dan pengembangan kebijakan; tata kelola/lembaga; dan pengembangan organisasi. Semua ini berpusat pada satu aspek: pengembangan sumber daya manusia. Tujuan utama dari Program INVEST DM 2.0 adalah memperkuat kapasitas lembaga penanggulangan bencana di Indonesia dan sumber daya manusia pada berbagai tingkat administrasi agar mereka dapat memenuhi mandat mereka dalam menyediakan layanan penanggulangan bencana yang efektif dan menyelamatkan nyawa.

Akreditasi balai pelatihan PB melalui Pusdiklat dilakukan untuk menjamin penjaminan mutu lembaga pelatihan PB, sehingga peserta diklat mendapatkan keterampilan dan kompetensi berdasarkan keterampilan yang dibutuhkan oleh tenaga profesional PB dengan pelatihan seperti PB dasar, manajemen risiko PB, kebencanaan, dan kesiapsiagaan. Akreditasi merupakan langkah penting menuju pengembangan tenaga kerja di institusi PB seperti BNPB, BPBD, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), dll. BNPB telah menyediakan platform akreditasi online, Siakang https://siakang.bnpb.go.id/ sebagai langkah perluasan akses akreditasi bagi institusi penyelenggara diklat PB di daerah. Pemanfaatan Siakang di Pusdiklat PB tidak hanya akan menambah jumlah lembaga pelatihan yang akan diakreditasi, tetapi juga akan membantu asesor di Pusdiklat untuk mengevaluasi kinerja lembaga yang akan diakreditasi dari berbagai perspektif seperti kurikulum pelatihan, pelatih serta infrastruktur lembaga pelatihan dengan membentuk mekanisme koordinasi pelatihan baik secara online maupun tatap muka, yang memenuhi tujuan pelatihan sesuai dengan keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan oleh aktor PB di Indonesia. 

Sistem Siakang dikembangkan oleh Pusdiklat dengan dukungan INVEST DM pada tahun 2020. Sistem ini dikembangkan untuk membantu memfasilitasi akreditasi institusi PB secara lebih efektif dan efisien dengan menggunakan platform online dan sentralisasi dokumen yang diperlukan untuk proses akreditasi. Platform ini akan membantu Pusdiklat PB dalam menilai kinerja, infrastruktur, dan sumber daya manusia lembaga penyelenggara diklat PB terkait untuk diakreditasi. 

Berdasarkan tinjauan kebutuhan pengembangan Siakang, Pusdiklat BNPB belum melakukan pembaruan sistem sejak pembaruan terakhir pada Oktober 2022. Hal ini mengakibatkan terjadinya beberapa bug seperti data tenaga diklat tidak tertaut dengan data lembaga dan nilai asesor masih berwarna merah (belum diisi) walaupun penilaian sudah selesai.

Oleh karena itu, dengan mempertimbangkan fungsi Siakang dalam membantu akreditasi institusi PB di Indonesia, Pusdiklat BNPB dan program INVEST DM 2.0 bertujuan untuk meningkatkan fitur Siakang untuk mendukung tidak hanya asesor dan Pusdiklat BNPB tetapi juga lembaga eksternal PB dalam memperoleh akreditasi dari BNPB untuk mendukung program pelatihan mereka. 

Berapa hal yang perlu dilakukan adalah melakukan back-up server dan data, memperbarui sistem, serta menyesuaikan dan penambahan fitur Siakang. Dengan bertambahnya file dari lembaga atau adanya perubahan data, Pusdiklat BNPB membutuhkan penyesuaian fitur Siakang agar dapat lebih mudah melihat dokumen terbaru yang diupload oleh lembaga diklat. Fitur ini dibutuhkan karena file yang diunggah oleh masing-masing lembaga diklat memiliki penamaan yang berbeda untuk satu file yang sama (contoh untuk surat pendirian lembaga). Sedangkan penambahan fitur adalah untuk mengakomodasi kebutuhan untuk memisahkan data kegiatan ataupun tenaga lembaga per program akreditasi agar tidak terjadinya kebingungan ketika assessor melakukan penilaian.

Tujuan Konsultan: 

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melakukan peningkatan (upgrade) sistem akreditasi online Siakang.

Kegiatan Konsultan

Di bawah arahan INVEST DM 2.0 dan Pusdiklat PB, konsultan yang terpilih untuk tugas ini akan melakukan:

  1. Back up server

  • Melakukan Backup server dan data secara keseluruhan

  • Memindahkan Backup Server ke server lain / offsite

  • Memastikan hasil backup terbaca / terbuka di Server lain

  1. Pembaruan Server Utama

  • Memasang Siakang pada mode maintenance / tidak dapat diakses

  • Melakukan Pembaruan Server

  • Memastikan Sistem Siakang berjalan

  1. Pembaruan Sistem Siakang

  • Pembaruan sistem Drupal dari 9.3x ke 10.3x

  • Memastikan sistem berjalan

  • Memastikan data tidak berubah / menghilang (dengan cara membandingkan dengan data backup di server lain) 

  1. Penambahan Fitur Siakang

  • Melakukan aktivitas penambahan fitur kolom pilihan program akreditasi untuk memisahkan data tenaga kediklatan, kegiatan dan penilaian oleh asesor. penambahan fitur yang dibutuhkan

  • Melakukan aktivitas penambahan fitur filter pada tampilan untuk mensortir permasing-masing kegiatan akreditasi untuk masing-masing peran (Assessor, Lembaga Diklat, dan Sekretariat)

  • Melakukan aktivitas penyesuaian fitur yang dibutuhkan berupa penyesuaian tampilan dokumen yang dilampirkan oleh Lembaga Diklat yang akan diakreditasi. Dokumen yang tampil akan berurutan secara otomatis berdasarkan dokumen yang diunggah terbaru (recently updated)

  • Memastikan fitur berjalan dan data tersimpan dan data hasil kalkulasi tidak berubah

  1. Finalisasi

  • Menyiapkan sistem / server terpisah untuk lokasi backup

  • Melakukan Day 1 Backup sebagai cadangan awal 

  • Ujicoba user

Deliverable:

Konsultan akan menyampaikan kepada INVEST DM berikut ini:

Laporan hasil peningkatan sistem akreditasi online Siakang yang meliputi hasil back-up server dan data, pembaruan server utama dan sistem Siakang, penambahan fitur dan finalisasi.

Jangka waktu/Jadwal: 

Konsultasi akan dimulai dari Oktober – Desember 2024 

Konsultan akan melaporkan kepada: 

Education and In-service Training Coordinator of INVEST DM 2.0 

Konsultan akan bekerja sama dengan: 

Pusdiklat PB BNPB, Education and Inservice Training Coordinator, Workforce Plan and Development Advisor, and DCOP of INVEST DM 2.0 

Pengalaman & Keterampilan yang Dibutuhkan: 

Kriteria seleksi untuk menilai kemampuan teknis konsultan meliputi kriteria sebagai berikut. 

  1. Pendidikan di bidang Teknologi, Informasi dan Komunikas atau disiplin ilmu terkait lainnya. 

  2. Memiliki setidaknya 5-10 tahun pengalaman yang relevan dan latar belakang yang kuat dalam TIK, pemrograman, serta pengembangan sistem berbasis web khususnya yang berkaitan dengan akreditasi dan pengelolaan data.

  3. Keterampilan interpersonal yang kuat dan kemampuan untuk bekerja dengan beragam pemangku kepentingan dari pemerintah, kementerian, dan LSM. 

  4. Pengalaman bekerja dengan instansi pemerintah seperti kementerian dan BNPB lebih diutamakan. 

  5. Kemampuan menulis dan menyunting laporan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. 

Cara Melamar 

Calon kandidat harus mengirimkan 1) CV; 2) rencana kerja dan penawaran harga; dan 3) surat lamaran dengan mencantumkan pengalaman yang relevan di bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi, dll. ke procurement@id.mercycorps.org selambat-lambatnya 5 November 2024 dengan baris subjek ”Upgrade Siakang”. Hanya kandidat yang memenuhi kualifikasi dan pengalaman yang dibutuhkan yang akan dihubungi. 

Keanekaragaman, Kesetaraan & Inklusi 

Mencapai misi kami dimulai dengan bagaimana kami membangun tim kami dan bekerja sama. Melalui komitmen kami untuk memperkaya organisasi kami dengan orang-orang dari berbagai asal, keyakinan, latar belakang, dan cara berpikir, kami lebih mampu memanfaatkan kekuatan kolektif tim kami dan memecahkan tantangan paling kompleks di dunia. Kami berjuang untuk budaya kepercayaan dan rasa hormat, di mana setiap orang menyumbangkan perspektif dan diri mereka yang otentik, mencapai potensi mereka sebagai individu dan tim, dan berkolaborasi untuk melakukan pekerjaan terbaik dalam hidup mereka. Kami menyadari bahwa keragaman dan inklusi adalah sebuah perjalanan, dan kami berkomitmen untuk belajar, mendengarkan, dan berkembang menjadi lebih beragam, setara, dan inklusif daripada saat ini. 

Kesempatan Kerja yang Setara 

Kita berkomitmen untuk menyediakan lingkungan yang saling menghormati dan keamanan psikologis di mana kesempatan kerja yang setara tersedia bagi semua orang. Kami tidak terlibat dalam atau menoleransi diskriminasi berdasarkan ras, warna kulit, identitas gender, ekspresi gender, agama, usia, orientasi seksual, asal kebangsaan atau etnis, kecacatan (termasuk status HIV/AIDS), status perkawinan, status veteran militer atau kelompok dilindungi lainnya di lokasi tempat kami bekerja. 

Pengamanan & Etika 

Anggota tim Mercy Corps Indonesia diharapkan untuk mendukung semua upaya menuju akuntabilitas, khususnya kepada pemangku kepentingan kami dan standar internasional yang memandu pekerjaan bantuan dan pembangunan internasional, sambil secara aktif melibatkan masyarakat sebagai mitra setara dalam desain, pemantauan dan evaluasi proyek lapangan kami. Anggota tim diharapkan untuk berperilaku secara profesional dan menghormati hukum setempat, kebiasaan dan kebijakan, prosedur, dan nilai MCI setiap saat dan di semua tempat dalam negeri.