Digital Ads for Strive Indonesia
Background:
Mercy Corps Indonesia (www.mercycorps.or.id) adalah organisasi nirlaba lokal yang berpusat di Jakarta. Mercy Corps Indonesia (MCI) membantu masyarakat untuk pulih dari kondisi krisis yang mereka hadapi dan kemudian mengubahnya menjadi kesempatan untuk meningkatkan kualitas hidup. Didasari kebutuhan lokal, program kami membantu masyarakat di seluruh wilayah Indonesia dengan alat dan dukungan yang masyarakat butuhkan. Mercy Corps Indonesia memiliki 3 fokus program, yaitu: (1) Adaptasi perubahan iklim dan pengurangan risiko bencana, (2) Pemberdayaan ekonomi, dan (3) Tanggap darurat bencana.
Salah satu fokus dalam portofolio program MCI di tingkat nasional adalah meningkatkan peluang ekonomi dan akses ke layanan keuangan. MCI mencari solusi kreatif berbasis pasar yang membantu petani, pengusaha, dan masyarakat untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi. Melalui dukungan untuk usaha mikro kecil (UMK), pelatihan dan pendampingan kewirausahaan, serta meningkatkan akses ke layanan keuangan dan pasar, MCI mendukung munculnya sistem pasar yang efektif untuk mengatasi kemiskinan. Kami mendorong akses keuangan sekaligus membangun literasi keuangan dan keterampilan manajemen bisnis. MCI memiliki kapasitas yang kuat dan program yang luas tentang digitalisasi UMK, akses kredit, dan peningkatan ekosistem UMK di Indonesia.
Gambaran Umum Program Strive
Usaha kecil adalah mesin pertumbuhan ekonomi yang vital. Dengan membantu mereka mendapatkan akses permodalan, menjadi digital, mengembangkan jaringan dan pengetahuan mereka, serta dengan memperkuat ekosistem pendukung usaha kecil, program Strive Indonesia bertujuan untuk mengkatalisasi pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.
Dalam tiga tahun ke depan, Strive Indonesia memiliki target untuk memberdayakan 300.000 UMK di Indonesia agar mencapai keberhasilan melalui ekonomi digital, dengan fokus pada tiga tujuan:
- Go Digital (Lakukan via Digital) dan mengembangkan jaringan serta pengetahuan - Membangun permintaan dan menurunkan hambatan adopsi teknologi melalui pendampingan sebaya (peer mentoring) dan mengatasi biaya digitalisasi.
- Get Capital (Dapatkan Modal) - Bekerja sama dengan lembaga keuangan bank dan non-bank untuk lebih memperluas akses kredit bagi UMK, terutama untuk UMK yang dipimpin atau dimiliki oleh perempuan.
- Memperkuat ekosistem pendukung UMK - Membangun jaringan pembelajaran dan melakukan penelitian tentang digitalisasi UMK untuk berbagi wawasan dan praktik baik, menciptakan inisiatif bersama untuk mengatasi hambatan sistemik, menyediakan data kuantitatif yang detil dan mendalam bagi ekosistem, dan memicu perubahan positif.
Purpose / Project Description:
Tim Strive Indonesia akan melakukan proses campaign untuk menjangkau 300,000 usaha mikro dan kecil, serta menjadi thought leader dalam pengembangan UMKM. Untuk mencapai target program tersebut diperlukannya peningkatan engagement melalui media sosial untuk menarik dan menjangkau target program partisipan maupun pelaku UMKM yang belum mengenal dan belum bergabung ke platform MicroMentor Indonesia.
Consultant Activities:
The Consultant will:
- Membantu Strive untuk menjangkau potential participants yang merupakan pelaku UMKM Indonesia melalui media sosial dengan fitur digital advertisement melalui Meta Ads dan bergabung ke platform MicroMentor Indonesia
- Mengoptimalisasi dan meningkatkan traffic pengguna dan pengunjung website MicroMentor Indonesia
- Memproduksi konten sebagai materi komunikasi untuk Meta Ads
Consultant Deliverables:
The Consultant will:
- Menjangkau setidaknya kurang lebih 1,3juta impression melalui media sosial Instagram dan Facebook Strive Indonesia
- Menjangkau setidaknya 7.000 profile visit real account – ke social media.
- Menjangkau traffic sebanyak 4.000 kunjungan ke website MicroMentor Indonesia.
Timeframe / Schedule:
Pekerjaan ini akan berlangsung dari bulan Juni hingga bulan September 2024.
The Consultant will report to:
Christophorus Yudha Danujatmika – Knowledge Management and Communication Coordinator Strive Indonesia
Ratna Dwiyuliar – Digital Communication and Program Support Officer Strive Indonesia
The Consultant will work closely with:
Communication team of Strive Program Tim Training and Mentoring Strive Indonesia
Required Experience & Skills:
- Memahami konsep digital marketing di media sosial, khususnya performance marketing
- Memiliki strategi dalam meningkatkan awareness dan engagement di digital platforms, khususnya Meta Business Suite
- Memiliki kemampuan dalam memproduksi konten digital
- Dapat mengoptimalkan program branding melalui digital advertising
How to Apply
Prospective candidates shall email their proposal including price offered and Curriculum Vitae to procurement@id.mercycorps.org before 12 June 2024. Only shortlisted candidates will be contacted.
Diversity, Equity & Inclusion
Achieving our mission begins with how we build our team and work together. Through our commitment to enriching our organization with people of different origins, beliefs, backgrounds, and ways of thinking, we are better able to leverage the collective power of our teams and solve the world’s most complex challenges. We strive for a culture of trust and respect, where everyone contributes their perspectives and authentic selves, reaches their potential as individuals and teams, and collaborates to do the best work of their lives.
We recognize that diversity and inclusion is a journey, and we are committed to learning, listening and evolving to become more diverse, equitable and inclusive than we are today.
Equal Employment Opportunity
We are committed to providing an environment of respect and psychological safety where equal employment opportunities are available to all. We do not engage in or tolerate discrimination on the basis of race, color, gender identity, gender expression, religion, age, sexual orientation, national or ethnic origin, disability (including HIV/AIDS status), marital status, military veteran status or any other protected group in the locations where we work.
Safeguarding & Ethics
Mercy Corps team members are expected to support all efforts toward accountability, specifically to our stakeholders and to international standards guiding international relief and development work, while actively engaging communities as equal partners in the design, monitoring and evaluation of our field projects. Team members are expected to conduct themselves in a professional manner and respect local laws, customs and MC's policies, procedures, and values at all times and in all in-country venues.