Lompat ke isi utama

Diseminasi Praktik Baik Program SEED 4 Women: Kolaborasi jadi Kunci Sukses dalam Meningkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Perempuan Pengusaha Kecil

Jakarta, 28 Mei 2024 – Selama tiga tahun pelaksanaan, program SEED 4 Women berhasil memberikan pembelajaran positif dan dampak signifikan terharap peningkatan keuntungan usaha kepada lebih dari 850 peserta perempuan pengusaha kecil dan 68 Agen Laku Pandai di Kabupaten dan Kota Malang. Program ini telah menambah lapangan pekerjaan baru sebesar 17%, meningkatkan akses terhadap layanan keuangan melalui agen Agen Laku Pandai sebesar 55%, meningkatkan akses terhadap investasi berupa emas sebesar 55%, meningkatkan penggunaan dompet digital untuk usaha sebesar 58%, dan meningkatnya akses terhadap permodalan usaha sebesar 34%. Hal ini disampaikan dalam kegiatan “Diseminasi Praktik Baik dan Pembelajaran Program SEED 4 Women” yang diselenggarakan oleh Mercy Corps Indonesia dengan dukungan penuh dari Citi Foundation.

Program SEED 4 Women merupakan bentuk komitmen Mercy Corps Indonesia dan Citi Foundation dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, pemberdayaan perempuan, dan peningkatan literasi serta keterampilan para perempuan pemilik usaha di Malang, Jawa Timur.

Selaras dengan Strategi Nasional Keuangan Inklusif yang mendorong pertumbuhan ekonomi, kegiatan diseminasi ini didukung oleh Sekretariat Dewan Nasional Keuangan Inklusif (SDNKI). Menurut Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia/Kepala Sekretariat Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI), Dr. Ferry Irawan, SE, MSE, “Program SEED 4 Women sangat berkontribusi terhadap upaya peningkatan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia. Penerima manfaat dari program ini secara konkret telah meningkat pengetahuannya dalam pengelolaan keuangan usaha, selain itu mereka juga berhasil mengakses layanan keuangan melalui jaringan agen.”

Acara ini dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) dan dihadiri sekitar 300 peserta beserta pemangku kepentingan, diantaranya Sekretariat Dewan Nasional Keuangan Inklusif, Otoritas Jasa Keuangan (OJK),  Koordinator Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) seluruh Indonesia, Gubernur Jawa Timur, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Malang, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Malang,  Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang, Citi Indonesia, Mercy Corps Indonesia, fasilitator, peserta program, dan Agen Laku Pandai  program. 

Dalam sambutan pembuka, Ade Soekadis, selaku Executive Director Mercy Corps Indonesia (MCI) menuturkan dukungan Mercy Corps Indonesia dalam peningkatan literasi dan inklusi keuangan perempuan pengusaha. Ia juga mengatakan bahwa kerja sama dari semua pihak akan menghasilkan ekosistem wirausaha yang baik bagi pertumbuhan ekonomi perempuan pengusaha. 

“Dengan memiliki tujuan peningkatan jumlah karyawan serta peningkatan keuntungan pada peserta, Mercy Corps Indonesia berharap kegiatan pemberdayaan perempuan melalui peningkatan inklusi keuangan dan akses pada peluang ekonomi dapat terus dilakukan dan menjadi referensi baik untuk Pemerintah maupun swasta guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan kesejahteraan perempuan di segala sektor,” tutur Ade Soekadis.

Puni Ayu Anjungsari, Director & Country Head of Public Affairs Citi Indonesia, turut menyampaikan “Kami senang dan bangga, setelah pelaksanaan selama tiga tahun, program SEED 4 Women berhasil mencapai bahkan melebihi target pelaksanaan, seperti sebanyak 90-95% peserta telah memiliki kebiasaan menabung, memiliki rekening bank aktif dan bertransaksi melalui Agen Laku Pandai. Pencapaian ini selaras dengan komitmen Citi sebagai bank global untuk menjalankan misi mendukung pertumbuhan dan kemajuan ekonomi yang nyata dan berdampak melalui kegiatan pengembangan masyarakat kami. Mengingat peran perempuan dalam memajukan perekonomian Indonesia cukup vital, di mana sebesar 64% dari 66 juta pelaku UMKM di Indonesia dikelola oleh perempuan, kami harap program ini dapat bermanfaat dan menarik lebih banyak pihak untuk turut berkontribusi bagi kemajuan pengusaha perempuan.”

Kegiatan diseminasi ini juga diikuti oleh sesi diskusi dengan topik “Model Kolaborasi untuk Peningkatan Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Untuk Perempuan Pengusaha Kecil” dan "Cerita Sukses Perempuan Pengusaha Kecil dan Perempuan Agen Lembaga Keuangan” oleh perwakilan peserta untuk memaparkan cerita sukses dan manfaat yang mereka dapatkan setelah bergabung dalam program SEED 4 Women.

Program SEED 4 Women bertujuan untuk meningkatkan 10% jumlah tenaga kerja pemilik usaha dan 15% peningkatan keuntungan para perempuan pemilik usahamelalui pelatihan dan pendampingan secara daring dan luring mengenai literasi keuangan, manajemen usaha, Go Digital, pendampingan branding, pelatihan menggunakan aplikasi digital pencatatan keuangan usaha dan akses pasar serta pendampingan ke Agen Laku Pandai dari mitra program. 

Dalam pelaksanannya, program SEED 4 Women menggunakan model kolaborasi multi-stakeholders dengan mitra strategis seperti pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota, komunitas lokal, mitra lembaga keuangan formal seperti Bank Syariah Indonesia, Bank Jatim, PT Pegadaian, serta mitra Marketplace Shopee Indonesia. Kolaborasi tersebut bertujuan untuk membangun ekosistem kewirausahaan yang mendukung peningkatan usaha perempuan pengusaha kecil agar perempuan pengusaha mampu mengembangkan usahanya, meningkatkan keuntungan usaha, serta membuka kesempatan kerja. 

 

—Selesai—  

 

Tentang Citibank, N.A., Indonesia

Citibank, N.A.,Indonesia (Citi Indonesia) adalah kantor cabang dari Citibank, N.A., anak perusahaan yang dimiliki secara penuh oleh Citigroup, Inc., yang berasal dari New York, Amerika Serikat. Citi adalah mitra perbankan terkemuka untuk lembaga dengan kebutuhan lintas batas, pemimpin global dalam manajemen kekayaan serta layanan perbankan personal di Amerika Serikat. Citi menjalankan bisnisnya di hampir 160 negara dan yurisdiksi, menyediakan beragam produk dan layanan keuangan bagi perusahaan, pemerintah, investor, lembaga, dan individu. 

Di Indonesia, Citi telah berdiri sejak 1968 dan merupakan salah satu bank berjaringan internasional terbesar di negara ini. Citi Indonesia kini beroperasi dengan fokus yang lebih tajam, dengan tetap mengoperasikan empat kantor cabang di empat kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan. Selain itu, Citi juga mempertahankan jaringan distribusi korporasi yang kuat, dengan sekitar 776 lokasi tersebar di 38 provinsi. 

Sepanjang tahun 2024, Citi Indonesia mendapatkan sejumlah penghargaan bergengsi, seperti Best Bank, Best Corporate Bank - Large Corp & MNCs, Most Innovative Use of Technology – Banks dan Highly Commended untuk Best Commercial Bank – SMEs dan Best Sustainable Bank, seluruhnya untuk kategori Internasional dari FinanceAsia. Citi Indonesia juga dianugerahi sebagai Best Bank for Sustainable Finance, Best Bond Adviser - International, Best Green Bond - Geothermal Energy, Best Convertible Bond, dan Digital Bank of The Year dari The Asset, serta 2nd Best Foreign Bank untuk kategori Corporate Bank dari majalah Infobank.

Citibank, N.A., Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi: 

Puni A. Anjungsari 

Country Head of Public Affairs

Citi Indonesia (Citibank N.A., Indonesia)

Email: communications.indonesia@citi.com

Tentang Citi Foundation

Citi Foundation bekerja untuk mempromosikan kemajuan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat berpenghasilan rendah di seluruh dunia. Kami berinvestasi dalam upaya yang meningkatkan inklusi keuangan, mengkatalisasi peluang kerja bagi kaum muda, dan memikirkan kembali pendekatan untuk membangun komunitas yang dinamis secara ekonomi. Pendekatan "Lebih dari Filantropi" dari Citi Foundation memanfaatkan keahlian Citi dan orang-orangnya yang luar biasa untuk memenuhi misi kami dan mendorong kepemimpinan pemikiran dan inovasi. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.citifoundation.com.

Tentang Mercy Corps Indonesia 

Mercy Corps Indonesia adalah organisasi lokal yang berpusat di Jakarta, yang bertujuan memberdayakan masyarakat Indonesia untuk membangun komunitas yang sehat, produktif, dan tangguh. Mercy Corps Indonesia membantu masyarakat untuk pulih dari kondisi krisis yang mereka hadapi dan kemudian mengubahnya menjadi kesempatan untuk meningkatkan kualitas hidup. Didasari kebutuhan lokal, program kami membantu masyarakat di Indonesia dengan alat dan dukungan yang masyarakat butuhkan. 

Kontak

Atya Sari Marsyeila

Program Manager

+62 811-830-184

amarsyeila@id.mercycorps.org

Yogi Irawan

Program Assistant

+62 857-4689-8144

yirawan@id.mercycorps.org