Lompat ke isi utama

Berangkat dari Usaha Rumahan, Ini Kisah Inspiratif Wirausahawan Muda Indonesia yang Manfaatkan Ekosistem Digital

KOMPAS.com – Fitrah Kusumaningtyas adalah seorang wirausahawan muda dari Desa Mekarsari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar). Ia menjual berbagai macam roti dari rumah ke rumah atau menitipkannya ke warung sejak 2018. Di awal berjualan, ia mengalami kesulitan dalam mempromosikan produknya. 

Tak banyak orang mengetahui bisnis Fitrah lantaran desa yang menjadi tempat tinggal sekaligus usahanya relatif kecil. Meski demikian, tantangan tersebut tidak menghalangi Fitrah untuk bermimpi dan berupaya mengembangkan bisnisnya. Sayangnya, mimpi Fitrah untuk memajukan usahanya sirna akibat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia pada 2020. Bahkan, ia terpaksa harus menghentikan usahanya. Di tengah kondisi tersebut, ia mendapat informasi tentang program bimbingan digital dari MicroMentor Indonesia (MMI). 

Program kemitraan ini merupakan upaya Mastercard Center for Inclusive Growth, Bank Commonwealth, dan Mercy Corps Indonesia untuk mengubah kehidupan banyak orang dan membentuk masa depan ekonomi Indonesia. 

Untuk diketahui, program MMI berawal dari ide yang sederhana, tetapi memiliki dampak yang kuat. Lewat program ini, para wirausahawan dapat terhubung dengan para relawan profesional dan mentor berpengalaman yang dapat membimbing mereka dalam perjalanan meraih kesuksesan.

Link : https://money.kompas.com/read/2023/06/16/175656126/berangkat-dari-usaha…