Lompat ke isi utama

Saat bencana melanda, teknologi digital menyelamatkan nyawa

Northampton, MA –Berita Langsung– Cisco Systems Inc.
Oleh Kevin Delaney

Selama lebih dari 40 tahun, Mercy Corps telah menanggapi beberapa bencana terburuk di dunia, menyediakan makanan, air bersih, tempat tinggal dan dukungan untuk semua korban.

Saat ini, teknologi digital memainkan peran yang semakin meningkat dalam menerjemahkan jawaban-jawaban tersebut secepat dan seefisien mungkin. Berkat kemitraan lima tahun dengan Cisco untuk melestarikan, merampingkan, dan memperluas kemampuan digital Mercy Corps.

Keterampilan itu terus dimainkan setiap hari di Indonesia, di mana pada Desember 2021 abu panas dan letusan gunung berapi meletus di Gunung Semaru, memicu krisis kemanusiaan langsung.

Ini menjelaskan respons cepat bahwa tim Mercy Corps adalah yang terbaik – dan dukungan jangka panjang.

Piva Bell, yang memimpin tim tanggap Mercy Corps Indonesia, menggambarkan skenario kacau di daerah yang sudah dikelilingi oleh berbagai bencana terkait iklim seperti banjir, tanah longsor dan kebakaran hutan.

“Indonesia berada dalam ‘cincin api’ dan rentan terhadap gunung berapi dan gempa bumi,” kata Biva. “Itu hanya menjadi perhatian kami saat itu. Sehingga ketika terjadi erupsi berdampak sangat besar bagi masyarakat sekitar.

Beberapa pekerja pertolongan pertama harus menambah waktu menjadi 15 jam untuk mencapai daerah yang terkena dampak letusan gunung berapi, tanah longsor dan jalan dan jembatan yang tidak dapat digunakan. Tapi Mercy Corps segera mendirikan pusat tanggap darurat dari daerah yang terkena dampak paling parah. Alat komunikasi yang disediakan oleh Cisco ke pusat regional memainkan peran utama dalam implementasinya."

Link: Saat bencana melanda, teknologi digital menyelamatkan nyawa (mediautama.co)