Lompat ke isi utama
Batas Waktu
Lokasi

Konsultan/Web Developer Sistem e-Learning Keamanan Siber MicroMentor Indonesia

Latar Belakang

Yayasan Mercy Corps Indonesia (YMCI) adalah organisasi nirlaba lokal di Indonesia, yang melaksanakan program bantuan kemanusiaan dan pembangunan di seluruh negeri. Misi YMCI adalah memberdayakan masyarakat di Indonesia untuk menjadi komunitas yang sehat, produktif, dan tangguh.

MicroMentor, sebuah perusahaan sosial yang dikembangkan oleh Mercy Corps, memelopori platform mentoring bisnis online yang memungkinkan wirausaha dan relawan mentor di seluruh dunia untuk terhubung dan menciptakan hubungan mentoring. MicroMentor adalah jaringan mentoring bisnis terbesar di dunia yang telah memiliki 75.000 wirausaha dan 30.000 mentor di hampir 200 negara.

Platform MicroMentor telah diadaptasi dan dilokalisasikan untuk melayani pengguna di Indonesia dengan Bahasa Indonesia melalui platform MicroMentor Indonesia di situs id.micromentor.org. Setelah satu tahun, terdapat 14.000 pemilik usaha mikro dan kecil dan relawan mentor yang berasal dari di 34 provinsi di Indonesia telah menciptakan 1200 pekerjaan baru.

Tujuan

Guna meningkatkan kapasitas pengguna, baik mentor maupun mentee, platform MicroMentor Indonesia (id.micromentor.org) berencana untuk membuat fasilitas pembelajaran jarak jauh atau e-learning mengenai keamanan siber dalam Bahasa Indonesia. Saat ini, lebih dari 43% serangan siber menyasar pada usaha kecil. Sebagian besar usaha kecil ini tidak memiliki persiapan untuk mengantisipasi insiden siber. Mereka juga tidak mengetahui seperti apa peralatan dan praktik yang tepat untuk diterapkan dalam melindungi usaha mereka dari ancaman umum. Sehingga, pendidikan kesadaran siber menjadi penting bagi UMKM, khususnya pengguna platform MicroMentor.

Konsultan (web developer) perlu membangun sistem e-learning yang sesuai dengan konten yang disediakan oleh MicroMentor Indonesia dan mudah digunakan oleh awam (user friendly). Tim MicroMentor Indonesia akan memberikan panduan untuk e-learning keamanan siber sesuai standar MicroMentor Indonesia.

Kegiatan

Kegiatan konsultan meliputi:

  1. Mempelajari ekspektasi/dummy platform e-learning yang ingin dikembangkan oleh MicroMentor Indonesia.
  2. Meriset sistem e-learning dari berbagai platform, termasuk platform e-learning internal Mercy Corps sebagai acuan sistem e-learning.
  3. Membangun sistem e-learning sesuai dengan riset yang telah dilakukan.
  4. Mengintegrasikan masukan dari lapangan dan tim MicroMentor Indonesia, yang akan memverifikasi alur e-learning.
  5. Menuangkan konsep atau materi e-learning keamanan siber dari MicroMentor Indonesia ke dalam bentuk e-learning yang mudah digunakan awam (user friendly).

Hasil yang diharapkan

  1. Platform e-learning yang telah disepakati dengan tim MicroMentor Indonesia.
  2. Modul e-learning untuk 2 (dua konten), termasuk kuis/permainan di akhir modul.
  3. Sistem sertifikat otomatis yang akan didapatkan oleh pengguna apabila memenuhi kriteria lulus pembelajaran e-learning (desain atau konten sertifikat akan diberikan oleh tim MicroMentor Indonesia).
  4. Jaminan kualitas sistem dan fungsional dari kedua modul tersebut.

 

Kualifikasi

  1. Menguasai Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia
  2. Memiliki pengalaman sebagai e-learning web developer secara profesional selama minimal dua tahun
  3. Memahami konsep tentang usaha dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
  4. Memiliki pengetahuan dasar mengenai keamanan siber akan menjadi nilai tambah

 

Waktu

Satu bulan (18 Januari 2021--20 Februari 2021) dari tanggal perekrutan hingga tanggal pengiriman akhir (termasuk ulasan dan koreksi).

Pelaporan ke

Program Coordinator MicroMentor Indonesia

Cara Melamar

Bagi yang berminat dapat mengirimkan CV dan Portofolio melalui email ke procurement@id.mercycorps.org  paling lambat tanggal 10 January 2021

Registrasi Informasi Peluang di MCI

Daftarkan Email anda untuk mendapatkan informasi peluang terbaru dari MCI
The subscriber's email address.