Lompat ke isi utama
Batas Waktu
Lokasi

Konsultan - Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Operator Mesin CNC (Computer Numerically Controlled)

Latar Belakang

Berdasarkan data dari BPS (Badan Pusat Statistik) menunjukkan sampai dengan Agustus 2021 tingkat pengangguran terbuka pada Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah sebesar 11,13%. Angka tersebut merupakan angka tertinggi dibandingkan dari jenjang lainnya. Demikian juga untuk Kota Batam, di mana 11,20% siswa lulusan SMK masih menduduki peringkat pertama di Kota Batam sebagai pengangguran terbuka. Padahal Kota Batam memiliki banyak industri menengah dan besar yang potensial untuk menyerap banyak angkatan kerja.

Berangkat dari hal tersebut, Mercy Corps Indonesia akan menfasilitasi peningkatan kesiapan angkatan kerja bagi siswa SMK tingkat akhir untuk memasuki dunia kerja dan meningkatkan pengetahuan serta keahlian karyawan Industri Mikro dan Kecil (IMK) di Kota Batam. Mercy Corps Indonesia telah melaksanakan needs assessment untuk siswa SMK tingkat akhir dan pekerja industri mikro dan kecil. Hasil needs assessment dari sisi pelatihan di mana hard skill dan sertifikasi, yang banyak dibutuhkan oleh responden adalah mayoritas responden memerlukan pelatihan hard skill (67%) di mana mereka memilih pelatihan Teknik Mekanik (32%). Sekitar 50% responden menyampaikan tidak mengikuti sertifikasi karena belum pernah diadakan sertifikasi di tempat kerja. Responden akan mengikuti sertifikasi jika pemilik usaha/industri merekomendasikan kepada responden untuk mengikuti sertifikasi. Dilihat hasil data needs assessment bagi siswa SMK tingkat akhir dari 123 responden, responden memilih teknik mekanik (21%).

Perkembangan dunia yang semakin global yang kemudian didukung dengan kemajuan teknologi membuat setiap bidang otomatis mengalami perkembangan yang sama. Misalnya, dalam beberapa kesempatan, kita menemukan bidang-bidang ilmu lain begitu berkembang dibandingkan beberapa dekade sebelumnya. Guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi, dibutuhkan pasar dengan siklus transaksi yang cepat dan dalam skala besar. Hal tersebut dapat diwujudkan bila dilakukan percepatan pada sistem produksi massal. Otomasi pada bidang industri manufaktur merupakan bentuk percepatan produksi itu sendiri

Mesin CNC (Computer Numerical Control) adalah sebuah mesin yang digunakan dalam industri manufaktur untuk menghasilkan komponen untuk sektor teknik dalam jumlah besar dengan cepat.  Seperti nama dari CNC sendiri, setiap pengerjaan dari CNC menggunakan sistem komputer yang telah terbentuk dengan baik hingga menghasilkan barang yang sesuai dengan presisi.

Guna mewujudkan hal di atas, program WEDARI memfasilitasi kebutuhan untuk siswa SMK tingkat akhir dan pekerja IMK, berupa pelatihan literasi digital teknologi di bidang mesin berupa pelatihan CNC.

Deskripsi Program

Program WEDARI akan dilaksanakan sampai dengan 31 Oktober 2022. Program ini akan menjangkau pekerja industri mikro dan kecil dan siswa SMK tingkat akhir di Kota Batam.

Mercy Corps Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Pendidikan Provinsi terutama dengan SMKN 1 Batam dan SMKN 5 Batam dan serta didukung oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Batam.

Target peserta program WEDARI adalah 60 siswa SMK tingkat akhir dan 90 pekerja IMK yang terdapat di Kota Batam. Sebagai bentuk inklusifitas dan kesetaraan gender, program ini juga menargetkan setidaknya 50 persen peserta program diantaranya adalah perempuan.

Salah satu tujuan program WEDARI adalah meningkatkan kesiapan kerja siswa SMK tingkat akhir untuk memasuki dunia usaha dan dunia industri serta meningkatkan kapasitas pekerja IMK untuk meningkatkan produktivitas dan karier yang lebih baik di industri menengah dan besar di Kota Batam melalui literasi teknologi digital, layanan purna jual, dan pemahaman tentang dampak lingkungan. Demikian juga, melalui program WEDARI ini diharapkan 70% dari peserta program dapat menyelesaikan kegiatan training dan mentoring yang dilaksanakan, 40% diantaranya dapat memperoleh pekerjaan baru atau pekerjaan yang lebih baik dalam kurun waktu 6 bulan setelah program berakhir, dan 20% diantaranya mendapatkan satu atau lebih kredensial yang diakui industri dalam waktu 6 bulan setelah program berakhir.

Kriteria peserta pelatihan program WEDARI:

  1. Alumni SMK, jurusan: Teknik Pemesinan, Teknik Otomasi Industri, Teknik Pengelasan Umum, Teknik Mekatronika, Teknik Permesinan Kapal, dan Teknik Pengelasan Kapal
  2. Pekerja Industri Mikro dan Kecil, perdagangan mesin/alat berat, Jasa perbaikan mesin/alat berat, jasa pemeliharaan mesin/alat berat, jasa pemasangan mesin/alat berat, jasa perbaikan kapal, fabrikasi, jasa penyewaan mesin/alat berat dan kelistrikan

Tujuan dan Kebutuhan Konsultan

Konsultan diharapkan mampu memberikan training kepada Alumni SMK, dan Pekerja IMK.
Training yang diberikan berupa materi Milling CNC mengenal bagian-bagian mesin Milling CNC, memilih parameter pemotongan mesin milling, menerapkan teknik pemrograman mesin milling, menerapkan prosedur pemrograman mesin Milling CNC, mengevaluasi kegagalan hasil pekerjaan mesin Milling CNC, mengevaluasi prosedur mesin Milling CNC. Selain itu, konsultan juga diminta untuk menyiapkan modul pelatihan bagi peserta alumni SMK dan pekerja IMK. Modul pelatihan untuk peserta berisikan teori/pengetahuan, tata cara, lembar latihan, dan panduan teknis dalam pelaksanaan praktek di workshop.

Konsultan diharapkan menyusun persyaratan atau bahan yang digunakan saat sertifikasi kompetensi dan melakukan koordinasi dengan LSP-BNSP untuk pemberitahuan pelaksanaan sertifikasi kompetensi serta menerbitkan sertifikat tanda telah menyelesaikan sertifikasi kompetensi.

Info selengkapnya lihat di attachment

Registrasi Informasi Peluang di MCI

Daftarkan Email anda untuk mendapatkan informasi peluang terbaru dari MCI
The subscriber's email address.