Lompat ke isi utama

Mercy Corps, Earthworm Dan Pemkot Pekalongan Bersinergi Kembangkan Program Adaptasi Perubahan Iklim

PEKALONGAN, smpantura.com- Mercy  Corps  Indonesia (MCI)  dan Earthworm  Foundation Indonesia (EFI) serta Pemkot Pekalongan menyelenggarakan Konsultasi  Publik Rencana  Tata  Guna Lahan  Partisipatif  atau Participatory Land Use Planning (PLUP) di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Rabu (16/3).

Direktur Eksekutif MCI Ade Soekadis mengatakan, Kota  Pekalongan  telah  lama  terkena  dampak  banjir dan rob. Rob dan banjir berdampak serius dan menyebabkan rusaknya sarana dan prasarana pribadi, permukiman, jalan dan fasilitas publik lainnya. Tidak hanya itu, rob juga telah menyebabkan lahan masyarakat tergenang permanen dan musiman. Beberapa pendapatan masyarakat menurun seperti sektor pertanian, tambak, termasuk sektor jasa. Bahkan, beberapa warga kehilangan pekerjaan.

“Hasil kajian risiko dan dampak banjir di Daerah Sungai Kupang (DAS) Kupang yang dilakukan MCI menunjukkan, mata pencaharian  merupakan salah  satu  komponen yang berkontribusi signifikan  terhadap profil kerentanan masyarakat. Dan selanjutnya, meningkatkan risiko banjir yang dihadapi,” terangnya."

Link: Mercy Corps, Earthworm dan Pemkot Pekalongan Bersinergi Kembangkan Program Adaptasi Perubahan Iklim – smpantura.com